Jumat, 22 September 2017

MAKALAH TENTANG KOTA MANADO



MAKALAH
TENTANG KOTA MANADO


Description: Image result for logo manado

Nama : Sofi Siti Lacuba
Kelas : XI Akomodasi Perhotelan




SMK PLUS YSB SURYALAYA
KAB. TASIKMALAYA
2016/2017
A. Peta dan keadaan Geografis Kota Padang
Description: Image result for peta manado
Kota Manado terletak di ujung jazirah utara pulau Sulawesi, pada posisi geografis 124°40' - 124°50' BT dan 1°30' - 1°40' LU. Iklim di kota ini adalah iklim tropis dengan suhu rata-rata 24° - 27 °C. Curah hujan rata-rata 3.187 mm/tahun dengan iklim terkering di sekitar bulan Agustus dan terbasah pada bulan Januari. Intensitas penyinaran matahari rata-rata 53% dan kelembaban nisbi ±84 %.
Luas wilayah daratan adalah 15.726 hektare. Manado juga merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Kota ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan. Wilayah daratannya didominasi oleh kawasan berbukit dengan sebagian dataran rendah di daerah pantai. Interval ketinggian dataran antara 0-40% dengan puncak tertinggi di gunung Tumpa.
Wilayah perairan Kota Manado meliputi pulau Bunaken, pulau Siladen dan pulau Manado Tua. Pulau Bunaken dan Siladen memiliki topografi yang bergelombang dengan puncak setinggi 200 meter. Sedangkan pulau Manado Tua adalah pulau gunung dengan ketinggian ± 750 meter.
Sementara itu perairan teluk Manado memiliki kedalaman 2-5 meter di pesisir pantai sampai 2.000 meter pada garis batas pertemuan pesisir dasar lereng benua. Kedalaman ini menjadi semacam penghalang sehingga sampai saat ini intensitas kerusakan Taman Nasional Bunaken relatif rendah.

B. Bandar Udara Sam Ratulangi
Description: Berkas:Sam ratulangi international airport.jpg
Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi adalah sebuah bandar udara yang terletak di kecamatan Mapanget kira-kira 30 menit dari arah pusat Kota Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Bandara udara ini selesai dipugar pada tahun 2001. Kawasan yang asri dan hijau menghiasi daerah sekitar Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi. Bandara ini dinamai sesuai nama Dr. Gerungan Saul Samuel Yacob Ratulangi, pahlawan nasional Indonesia asal Sulawesi Utara.
Sejarah
Bandar Udara Sam Ratulangi pada awalnya dibangun oleh Jepang pada tahun 1942 dengan panjang landasan 700 meter dan lebar 23 Meter serta diberi nama Lapangan Udara Mapanget. Kemudian ketika terjadi pergolakan Pergerakan Rakyat Semesta (PERMESTA), pasukan Tentara Pusat menamakan bandara ini sebagai Lapangan Udara Tugima untuk mengenang seorang tentara mereka Sersan Mayor Tugiman yang wafat ketika pertempuran terjadi di Mapanget.
Kemudian bandara ini kembali dinamakan Lapangan Udara Mapanget karena keberadaannya kala itu di Wanua Mapanget, Onderdistik Tatelu. Seiring perjalanan waktu, terjadi lagi perubahan penyebutan bandara ini menjadi Lapangan Udara A. A. Maramis, yang sekaligus digunakan sebagai nama jalan raya dari arah Manado ke bandara. Akhirnya, untuk mengenang Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara yaitu Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, bandara ini oleh pemerintah dinamakan Lapangan Udara Sam Ratulangi yang kemudian dikenal hingga saat ini sebagai Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.
Pada tahun 1994 Bandar Udara Sam Ratulangi Manado menjadi Bandar udara Internasional kelas 1B. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa penerbangan, sehingga landasan diperluas dengan panjang 2.650 meter dan lebar 45 meter. Dengan perluasan landasan ini, maka Bandar Udara Sam Ratulangi Manado mampu menampung jenis pesawat A300, A320 dan DC10
Sebagai upaya pemerintah untuk mengembangkan Bandar Udara maka pada tahun 1990 Bandar Udara Sam Ratulangi dikelola oleh PT. Angkasa Pura 1 (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan tujuan untuk membangun perekonomian, menyediakan fasilitas penerbangan dalam memperlancar transportasi udara. Dalam usaha mengantisipasi kebutuhan masnyarakat akan transportasi udara, sehingga dilakukan pengembangan Bandar Udara Sam Ratulangi dengan membangun fasilitas Bandar Udara yang dilaksanakan oleh  proyek pembangunan Fasilitas Bandar Udara dan Keselamatan Penerbangan (FBUKP) dan dioperasikan sejak akhir tahun 2000. Kemudian dilaksanakan serah-terima secara operasional dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara kepada PT.Angkasa Pura 1 (Persero) pada tanggal 18 Desember 2003.



C. Hotel Bintang 4 Dan 5 Di Daerah Manado

Biz Boulevard Hotel by Prasanthi

Jl. Piere Tendean No. 35, Boulevard, Wenang, 95111 Manado, Indonesia
Description: Biz Boulevard Hotel
Biz Boulevard Hotel by Prasanthi terletak di Manado, serta berjarak 1,5 km dari Pelabuhan Manado. Hotel ini menawarkan akomodasi, Wi-Fi gratis, dan restoran. Hotel ini memiliki sebuah restoran.
Setiap kamar dilengkapi dengan TV layar datar dan ketel. Semua kamar mencakup kamar mandi pribadi yang menampilkan shower.
Akomodasi ini menawarkan layanan meja depan 24-jam.
Hotel juga menyediakan layanan penyewaan mobil. Bandara Internasional Sam Ratulangi berjarak 13 km dari Biz Boulevard Hotel by Prasanthi, sedangkan Mega Mall Manado hanya berjarak 200 meter dari akomodasi.
Hotel baru terbaik di Manado ini yang memiliki 48 kamar dibuka sekitar akhir tahun 2015.

Whiz Prime Hotel Megamas Manado

Kawasan Megamas, Jalan Piere Tendean Boulevard, 95111 Manado, Indonesia
Description: Whiz Prime Hotel
Whiz Prime Megamas Manado menawarkan akomodasi di Manado, berjarak 1,7 km dari pelabuhan Manado. Akomodasi ini menyediakan Wi-Fi gratis di seluruh areanya. Hotel memiliki kolam renang outdoor sepanjang tahun dan menyuguhkan pemandangan laut. Anda dapat menikmati hidangan di restoran. Tersedia juga tempat parkir pribadi gratis di lokasinya.
Setiap kamar ber-AC-nya dilengkapi TV satelit layar datar. Unit-unit tertentu memiliki area untuk duduk bersantai yang nyaman. Semua kamar memiliki kamar mandi pribadi.
Hotel ini mengoperasikan layanan meja depan 24 jam.
Bandara internasional Sam Ratulangi berjarak 13 km dari Whiz Prime Megamas Manado, sementara Manado Mega Mall berjarak 400 meter.
Hotel baru terbaik di Manado ini yang memiliki 152 kamar dibuka sekitar akhir tahun 2015.

Sparks Lite Manado

Jalan Kol. Sugiono 21, Marambak, 95122 Manado, Indonesia
Description: Sparks HotelSparks Lite Manado terletak di Manado, 2,3 km dari Pelabuhan Manado, serta menawarkan restoran dan bar. Wi-Fi gratis dapat diakses di seluruh area akomodasi, selain itu tempat parkir pribadi gratis juga tersedia di areanya.
Setiap kamar di hotel ini ber-AC dan dilengkapi dengan TV layar datar. Beberapa unit memiliki area tempat duduk untuk bersantai. Semua kamar menyediakan kamar mandi pribadi dengan shower. Fasilitas tambahannya mencakup sandal dan perlengkapan mandi gratis.
Sparks Lite Manado mengoperasikan meja depan 24 jam.
Bandara Internasional Sam Ratulangi berjarak 12 km dari Sparks Lite Manado, sementara Manado Town Square terletak sejauh 1,2 km.
Hotel baru terbaik di Manado ini yang memiliki 75 kamar dibuka sekitar akhir tahun 2015.

 

 


Green Eden Hotel

Jalan Achmad Yani no.17, 12710 Manado, Indonesia
Description: Grand Eden Hotel
Green Eden Hotel terletak di Manado dan berjarak 2,7 km dari Pelabuhan Manado. Hotel ini menawarkan restoran dan bar. Tempat parkir pribadi gratis tersedia di hotel.
Masing-masing kamar di hotel ini ber-AC dan dilengkapi TV dengan saluran kabel. Beberapa unit menawarkan pemandangan laut atau kota. Green Eden Hotel menyediakan WiFi gratis di seluruh areanya.
Hotel ini menawarkan layanan meja depan 24 jam.
Bandara Internasional Sam Ratulangi berjarak 13 km dari Green Eden Hotel, sementara Manado Town Square terletak sejauh 200 meter.
 Hotel baru terbaik di Manado ini yang memiliki 36 kamar dibuka sekitar akhir tahun 2015.






De Nearby Hotel

Kompleks Bahu Mall Jalan Wolter Monginsidi (KSB) Blok C 16/17 No 1, 95115 Manado, Indonesia Tampilkan peta
Description: de nerby Hotel
De Nearby Hotel terletak di Manado, menawarkan meja depan 24 jam dan menyediakan akses WiFi gratis.
Masing-masing kamar ber-AC hotel ini menawarkan TV layar datar, meja, dan area tempat duduk. Kamar mandi pribadinya dilengkapi dengan shower dan perlengkapan mandi gratis. Anda dapat menikmati pemandangan kota dari kamar.
Staf di De Nearby Hotel dapat membantu dengan layanan penyewaan mobil serta layanan antar-jemput bandara dan daerah sekitarnya dengan biaya tambahan. Fasilitas lain yang ditawarkan di hotel ini meliputi penitipan bagasi dan layanan binatu. Hotel ini menyediakan tempat parkir gratis.
Berbagai makanan Indonesia dan Manado dapat dicicipi di Bunaken Coffee Shop.
Hotel ini berjarak 15 menit berkendara dari Pantai Malalayang dan 2 jam berkendara dari Taman Nasional Bunaken. Bandara Internasional Sam Ratulangi dapat dijangkau dalam 30 menit berkendara.



D. Tempat Wisata Di Kota Manado

1. Taman Laut Bunaken

Description: Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
Ini dia tempat wisata di Manado yang membuat kota ini dikenal dunia. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Hal ini tak mengherankan karena biota laut yang ada di sini luar biasa kaya. Anda bisa menemukan beragam bentuk terumbu karang dan ikan dengan warna-warni cantik.
Alam bawah laut di sini menjadi surga tersendiri bagi penggemar kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi air. Dengan 39 titik selam yang ada, tentu Anda akan betah berlama-lama menyelam di sini. Jika tak bisa berenang, Anda tetap bisa menikmati keindahan tempat wisata bawah air ini dengan menggunakan kapal selam yang telah didesain secara khusus. Dinding kapal berupa kaca transparan sehingga Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang luar biasa dengan jelas.
Anda bisa datang untuk menyelam kapan pun di sini, tapi waktu terbaiknya adalah antara bulan Mei – Agustus. Pada rentang waktu ini, airnya lebih jernih sehingga jarak pandang bisa lebih baik. Selain itu, suhu udara juga ideal untuk menyelam.
Tempat wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dengan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Manado.

2. Pantai Malalayang

Description: Pantai Malalayang
Pantai Malalayang
Pantai ini hanya berjarak 4 km dari pusat kota Manado. Tempat wisata ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menarik. Tak perlu khawatir jika lupa membawa alat menyelam Anda, di sini ada tempat penyewaan alat selam.
Ombak di pantai ini relatif tenang sehingga Anda bisa bermain air di atas pasirnya yang hitam. Selain menyelam dan bermain air, kegiatan menarik lainnya adalah menikmati kuliner khas Pantai Malalayang yaitu pisang goreng dengan sambal dabu-dabu. Tempat wisata di Manado ini dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Tak ada salahnya menikmati pamandangan cantik ini dengan sepiring pisang goreng ditambah sambal khas Manado.

3. Arung Jeram Sawangan

Description: Arung Jeram Sawangan
Arung Jeram Sawangan
Menyelam kurang menantang bagi Anda? Sebaiknya Anda mencoba arung jeram Sawangan. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras sehingga bagi pemula, peran pemandu akan sangat dibutuhkan.
Anda akan diajak menaklukan arus dan bebatuan yang ada selama kurang lebih dua jam. Panjang lintasan sungai yang ditempuh adalah 9 km. Perjalanan akan dimulai di Resort River Park, Desa Sawangan. Selama di atas perahu, Anda bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat monyet-monyet bergelantungan di atas pohon.
Untuk bisa menikmati olahraga ekstrim ini, Anda perlu mengeluarkan uang 180.000 Rupiah.

4. Air Terjun Kima Atas

Description: Air Terjun Kima Atas
Air Terjun Kima Atas
Masih berhubungan dengan air, kali ini tempat wisata di Manado lainnya yang layak dikunjungi adalah Air Terjun Kima Atas. Sesuai namanya, air terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas, atau sekitar 15 km dari pusat kota Manado.
Ada banyak pepohonan di sekitar air terjun yang membuat udara di tempat wisata ini sejuk. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang di kolam penampungan airnya.
Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa menggelar tikar dan duduk bersantai sambil menikmati kuliner yang dijajakan di lokasi. Masih di tempat wisata ini, Anda bisa menemukan mesin ATM sehingga tak perlu khawatir jika kehabisan uang tunai.

5. Danau Tondano

Description: Danau Tondano
Danau Tondano
Danau Tondano merupakan danau vulkanik yang dihasilkan dari letusan gunung purba. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, tempat wisata ini juga memiliki pulau di tengahnya dan berada di dataran tinggi yaitu 600 meter di atas permukaan laut. Danau yang memiliki luas 4.000 hektar ini diapit oleh Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.
Di sini, Anda bisa melihat aktifitas nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan keramba. Jika ingin melihatnya lebih dekat, silakan naik perahu motor yang bisa menampung 10 orang untuk berkeliling danau. Naik perahu motor ini, Anda dikenakan biaya 50.000 Rupiah dan harus menunggunya sampai penuh terisi 10 orang penumpang.

E. Makanan Khas Daerah Manado

            1. Panada

Description: makanan khas Manado panada enak
Makanan khas Manado yang pertama adalah panada. Panada sangat mirip dengan pastel namun dengan isian yang berbeda. Kalau pastel menggunakan olahan daging ayam yang dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang. Kalau panada menggunakan hasil bumi manado sendiri yaitu ikan cakalang. Bumbu yang digunakan pun adalah bumbu khusus olahan khas daerah Manado yaitu bumbu Panpis. Nah, bumbu panpis ternyata juga terbuat dari ikan cakalang yang diproses menggunakan bawang merah, cabe merah, daun jeruk, daun bawang dan daun kemangi.
Tahu tidak sobat kalau Panada adalah kuliner khas Manado yang merupakan turun temurun dari nenek moyang Manado dan konon ada juga yang bilang merupakan makanan peninggalan bangsa Portugis.

2. Cakalang fufu

Description: cakalang fufu makanan khas manado banget
Satu lagi makanan khas Manado yang berbahan utama ikan cakalang, nama makanannya adalah Cakalang Fufu. Sebelum diproses menjadi Cakalang Fufu, ikan cakalang akan di asap terlebih dahulu, hal inilah yang mendasari penamaan “Fufu” artinya pengasapan/ diasap. Ikan Cakalang asap banyak ditemui di pelabuan Belitung. Untuk membuat ikan cakalang fufu adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu dengan membuang sisik dan jeroan ikan. Selanjutnya dagiang ikan dibelah menjadi dua lalu dijepit dengan penjepit bambu. Setelah itu ikan yang sudah dijepit dilumuri dengan garam dan bubuk soda. Ikan cakalang siap diasap selama kurang lebih 4 jam. Biasanya pengasapan juga akan berakhir sampai ikan berubah warna kemerahan lebih empuk dan tidak berair.
Makanan khas Minahasa ini memiliki cita rasa pedas, begitupun dengan Cakalang Fufu terkenal akan pedasnya. Cakalang fufu dapat dinikmati sendiri atau bersama dengan hidangan Manado lainnya seperti selada kentang, mi cakalang atau dimasak rica-rica dengan cabai. Karena kondisinya yang kering, cakalang fufu cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Manado.

3. Kacang goyang

Description: kacang-goyang jajanan oleh oleh khas manado
Makanan khas Manado lainnya adalah kacang goyang. Kacang goyang sebenarnya juga makanan ringan khas Manado karena bisa dijadikan cemilan waktu sedang  santai. Kenapa dinamakan kacang goyang? Apakah kacangnya suka bergoyang goyang sehingga dinamakan kacang goyang? Ternyata waktu membuatnya digoyang-goyang diatas bara api sehingga dinamakan dengan kacang goyang. Kacang goyang terbuat dari kacang atom yang dibalut dengan terigu yang telah dicampur dengan gula pasir sehingga rasa kacang goyang pun dominan manis. Kacang goyang memiliki ciri khas berwarna mencolok, seperti warna merah, putih dan coklat. Pasti supaya kelihatan menarik dan terlihat enak, tapi memang enak dan gurih.

4. Sambal roa

Description: Sambal Roa Makanan khas ManadoSambal roa adalah sambal khas Manado yang paling sering dicari oleh para wisatawan. Mereka mencari sambal roa untuk dijadikan oleh-oleh khas Manado. Kenapa sambal roa sangat populer hingga ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri? Tentu saja karena sambal roa memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu dan racikan yang hanya ada di Manado. Begitupun dengan bahan yang digunakan yaitu ikan roa, jenis ikan yang hanya berada di perairan Sulawesi dan Maluku.
Sebelum di masak menjadi sambal roa, ikan roa atau ikan julung akan dibersihkan dari duri-duri dan diasap terlebih dahulu. Kemudian setelah diasap baru ikan roa akan diracik bersama dengan bumbu bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan bahan lainnya. Rasa pedas pasti ada, ciri makanan khas Manado adalah rasa pedasnya. Jika sobat menyantap sambal roa ada beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan. Pertama adalah sobat bisa menikmati sambal dengan cita rasa yang unik, khas dan enak. Kedua sobat juga akan mendapatkan makanan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi. Nilai gizi yang terdapat pada ikan roa adalah energi: 87 kalori, Protein: 10,9 gr, Lemak: 3,2 gr, gr Kolesterol: 0 mg Karbohidrat: 1,9 gr. Jadi jangan takut kolesterol sobat akan meningkat setelah memakan sambal roa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar