Jumat, 22 September 2017

CONTOH LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI




Laporan Kunjungan Industri Sekolah
Hotel Marbella Suites Bandung
Program Akomodasi Perhotelan Tahun 2017
                             

Oleh :

1.     Ita Juwita
2.     Siti Anisa A
3.     Rahma Nurul B
4.     Syaepul Hilal
5.     Taupik Hidayat
6.     Arif Riswana
7.     Cepi Sopiah

YAYASAN SERBA BAKTI PP SURYALAYA
SMK PLUS YSB SURYALAYA
PROGRAM AKOMODASI PERHOTELAN KELOMPOK PARIWISATA
SK : 02.00/324/BAP-SM/2013 NSS. : 402320638008 NIS ; 400080 NPSN : 20210707
Desa Tanjungkerta Kec Pagerageung Tlp. (0265) 457158-457162 Tasikmalaya 46158
Fax. (0265) 2461076 E-mail :smkplus_ysb@yahoo.co.id







Kata Pengantar
          
           Alhamdulillah wasyukurillah atas berkat dan rahmat Alloh SWT sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan kunjungan industri ini.
           Adapun tujuan pembuatan laporan kunjungan industri ini adalah sebagai bentuk evaluasi dan dokumentasi daripada kegiatan kunjungan industri yang telah kami lakukan selama kurang lebih satu hari penuh. Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada :

1.     Drs. Deni H. Gandasapoetra S.ag, MM selaku kepala sekolah SMK Plus YSB Suryalaya yang telah memberikan fasilitas dan juga perizinan untuk melaksanakan kegiatan kunjungan industri.

2.     Bapak ibu guru SMK Plus YSB Suryalaya yang telah membimbing dan mengawasi kami selama pelaksanan kunjungan industri


3.     Orang tua tercinta yang telah menjadi pendukung utama kegiatan kunjungan industri.

4.     Pihak biro perjalanan yang telah membantu dan menyukseskan kegiatan kunjungan industri ini.

          Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Namun kami berharap laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Kami juga mengharapkan adanya masukan berupa kritik dan saran dari pembaca demi kemajuan kami.


     



1
DAFTAR ISI
                                                                                                               Halaman
Kata pengantar...............................................................................................      1
Daftar Isi........................................................................................................      2
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang..............................................................................      3
1.2.   Maksud dan Tujuan KIS..............................................................      4
1.3.   Lokasi danWaktu Pelaksanaan.....................................................      4
BAB II GAMBARAN UMUM HOTEL MARBELLA SUITES BANDUNG
2.1.   Sejarah .........................................................................................      5
2.2.   Visi dan Misi ................................................................................      5
2.3.   Fasilitas Hotel ..............................................................................      6
2.3.1.      Room ................................................................................      6
2.3.2.      Restaurant .........................................................................      6
2.3.3.      Meeting Room  .................................................................      6
2.4.  Struktur Organisasi .......................................................................      7    
2.5.  Department dalam Hotel  .............................................................      7    
2.5.1.      Front Office ......................................................................      7
2.5.2.      Food and Beverage............................................................      8
2.5.3.      Housekeeping ...................................................................      8
2.5.4.      Accounting........................................................................      8
2.5.5.      Personalia / HRD...............................................................     8
2.5.6.      Engineering........................................................................     8
2.5.7.      Marketing ..........................................................................     8
2.5.8.      Security..............................................................................      8
BAB III PENUTUP
3.1. Simpulan............................................................................................. 9
3.2. Kesan dan Saran................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Daftar biodata
2. MOTO
3. Foto Kegiatan                                                                                                                         2        
BAB I
 PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
      Mengapa table manner di perlukan?
            Table manner di perlukan untuk menunjukan rasa percaya diri yang tinggi karena kita tidak akan merasa bingung atau minder kendati melihat aneka macam peralatan makan di atas meja.Kita dapat mempergunakannya dengan baik dan benar.Dengan demikian orang akan memberikan Nilai Positif bagi kita.Hal ini akan bermanfaat untuk mengangkut citra diri kita sendiri,suami/istri atau pendamping ,bahkan perusahaan/instansi tempat kita bekerja.
            Selain itu juga table manner bermanfaat untuk menerapkan etika yang baik dan benar di meja makan akan mencerminkan sikap Profesionalisme dan itu akan membuat kita selangkah lebih maju dari yang lain.
Bahkan Table Manner juga di perlukan untuk Menghormati orang lain yag duduk semeja dengan kita dan seluruh peserta jamuan makan yang hadir.





















3
1.2  MAKSUD DAN TUJUAN

          Maksud dan tujuan kegiatan kunjungan industri ini adalah sebagai berikut=
-          Memeberikan motivasi baru kepada siswa terutama pada pembelajaran
-          Mengetahui dan melihat alat-alat canggih pada industri tersebut
-          Melakukan secara langsung tata cara table manner yang baik dan benar
-          Memberi bekal pada siswa agar setelah lulus nanti menjadi orang yang mandiri
           
          adapun beberapa manfaat di adakannya kunjungan industri ini adalah
-          Dapat mengetahui kedisplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja
-          Melihat cara kerja,dan berbagai macam alat-alat hotel yang sudah cukup modern
-          Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri









1.3 LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN
       Kelas X dan XI Akomodasi Perhotelan (2016-2017) melaksanakan kunjungan industri :

         LOKASI                                 : MARBELLA SUITES BANDUNG DAGO PAKAR  
         WAKTU PELAKSANAAN   : SELASA,24 JANUARI 2017 (pkl.11.00- 14.30)











4
BAB II
GAMBARAN UMUM HOTEL MARBELLA SUITES BANDUNG
2.1 SEJARAH
Pada tahun 2009 tepatnya tanggal 9 September 2009 Bapak Kosmian & Ibu Ratih selaku Owner Marbella Suites Bandung  berkenan meresmikan pembangunan dengan  di saksikannya oleh 9 departement Head dan 9 staff dari setiap departmentnya.
            Marbella Suites Bandung  mulai Soft Opening pada tanggal 9 September 2009 dengan status berbintang 4 (Empat) dan terdiri dari  15 ( limabelas ) lantai dengan jumlah kamar sebanyak 100 kamar ( Main Building ) yang terdiri dari :
Ø  52 Kamar Deluxe
Ø  35 Kamar Executive Suites
Ø  9 Kamar Grand Executive
Ø  4 Kamar Master Suites.
            Marbella Suites Bandung juga memiliki Meeting Room dan Board Room berukuran besar yang jumlahnya 5 ruang pertemuan dan mampu menampung 250 hingga 500 orang dalam sekali pertemuan.
            Ada pula fasilitas lainnya seperti Ren De Vu Restaurant, Diva Lounge, Fitness Center, Spa, 24 hours Room Service, Pastry Shop, Business Centre, Same Day Laundry Service, Concierge and Mail Service, Executive lounge, Swimming Pool, Playground, Atv, Shooting Target, House Riding, Flying Fox and Elvis Fox dan Parking Facilities.
2.2 VISI DAN MISI
       VISI
           Marbella Suite Bandung menjadi kelompok usaha Indonesia dengan skala global, yang tumbuh secara berkesinambungan untuk memberi manfaat bagi stake holder dengan pilar utama sektor proferti, pelayanan dan jasa.

MISI
a.       Mengutamakan sikap positive dan kinerja dan berorientasi pada penciptaan keuntungan.
b.      Menjadi yang terbaik pada bidang usaha perusahaan.
c.       Tumbuh dengan melakukan inovasi terhadap pasar.
d.      Menjungjung tinggi dan melksanakan “ Core Value “ ( nilai falsafa) perusahaan.
e.       Bertanggung jawab sosial kepada masyarakat.
5

2.3      FASILITAS  HOTEL

2.3.1        ROOM
1.       Air Conditioner
2.      Mini Bar
3.      Microwave
4.      Safe Deposite Box
5.      Laundry
6.      IDD Telphone
7.      Deluxe Complimentary Toiletris
8.      Tea / Coffee making Facilities
9.      Satellite TV CN.
10.   Balkon yang cukup luas.                                                                                                                            


2.3.2        RESTAURANT
1.      Ren De Vu Restaurant.
2.      Diva lounge



            2.3.3    MEETING ROOM
  1.  Excecutive Room A  bisa menampung 50 orang.
                    2. Excecutive Room B bisa menampung 40 orang.
                    3. Excecutive Room C bisa menampung 30 orang.
                    4. Excecutive Room D bisa menampung 20 orang.
                    5. Pakar Room A Bisa menampung 100 orang.
                    6.Pakar Room B bisa menampung 100 orang.


     

6

2.4      STRUKTUR ORGANISASI  (HOUSE KEEPING)




        
                 







             Di dalam setiap organisasi kerja pasti terdapat yang namanya Struktur Organisasi. Karena menggambarkan adanya pembagian tugas dari masing – masing individu yang tergabung di dalam organisasi yang bersangkutan. Agar tidak terjadi kesenjangan antara atasan yang memerintah ataupun bawahan yang di perintah dapat bekerjasama atas tanggung jawab masing – masing


2.5      DEPARTEMENT DALAM HOTEL

2.5.1        FRONT OFFICE
 Front Office adalah salah satu departemen yang langsung berhubungan dengan tamu menerima pendaftaran tamu,maupun informasi yang di inginkan tamu.
Adapun seksi-seksi front office Marbella suites bandung
1.Reservation
2.Reception
3.dsb

7
2.5.2        FOOD AND BEVERAGE
Merupakan departemen yang menangani hal-hal yang berkaitan menyediakan makanan dan  minuman,serta bertugas melayani tamu yang makan di restaurant.bicara soal FB,tentunya tidak lepas dari namanya Kitchen.Hotel Marbella sendiri mempunya kitchen yang letaknya persis di dekat pool.menurut informasi yang kami dapatkan itu di karenakan untuk mempermudah akses jika ada event di pool.

2.5.3        HOUSEKEEPING
Housekeeping adalah departemen yang betanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruang maupun public area.Pada saat kunjungan industri sendiri,kami melihat beberapa public area sedang membersihan area pool,dan membersihkan kursi-kursi yang ada di pool.

2.5.4        ACCOUNTING
Adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pemasukan.pada saat kunjungan industri kami menanyakan pendapat per bulanhotel Marbella,tapi sayangnya kami tidak di beritahu.

2.5.5        PERSONALIA/HRD
Departemen yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee.serta menangani masalah yang di hadapi karyawan.

2.5.6        ENGINEERING
Bagian yang bertanggung jawab untuk manangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat serta mesin yang ada di hotel

2.5.7        MARKETING
Bagian di hotel yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan untuk manaikan pendapatan.

2.5.8        SECURITY
Bagian yang bertanggung jawab atas keamanan hotel maupun tamu selama 24 jam.
8
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
           Dengan di adakan kunjungan industri seperti ini siswa-siswi di harapkan untuk berfikiran maju,kreatif,dan efisien.Sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif.Selain itu semangat dan kegigihan dalam berusaha itu ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.Tidak sampai disitu,dengan di laksanakannya kunjungan industri atau table manner ini sangatlah bermanfaat bagi siswa-siswi.Karena ini akan sangat berguna bagi kami yang akan terjun kedalam pergaulan dan dunia bisnis.Pengetahuan mengenai tatacara makan yang baik dan benar disuatu jamuan makan merupakan salah satu kunci keberhasilan.Table Manner sendiri juga merupakan etika dalam suatu jamuan makan yang telah di bakukan secara internasional.
















9
3.2  KESAN DAN SARAN
    3.2.1 KESAN
                  1. Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik
                  2. kunjungan industri ini sangat bermanfaat,karena kita bisa langsung melihat     
                      langsung karyawan-karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.
3.      Banyak pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut
4.      Kami banyak mendapat keterangan mengenai perusahaan yang kami perlukan


     3.2.2 SARAN
1.      Sebaiknya pemandu tour hotel lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang hotel
2.      Kegiatan lebih baik dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan sebelumnya
3.      Diharapkan agenda program kunjungan industri ini tetap berjalan setiap tahunnya












10
DAFTAR PUSTAKA
























LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.DAFTAR BIODATA
     A.  Nama                                        : Febi Lukmansyah
           Tempat,Tanggal Lahir              : Ciamis,25 Februari 1999
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Sukamantri


     B. .  Nama                                      :  Ari Hendriawan
           Tempat,Tanggal Lahir              :  Ciamis,11 Maret 2000
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Panumbangan



     C. .  Nama                                      : Sansan Permana
           Tempat,Tanggal Lahir              : Ciamis,10 November 2000
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Panumbangan


     D. .  Nama                                      :  Riki Subagja
           Tempat,Tanggal Lahir              : Ciamis,9 Juni 1999
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Panumbangan


     E. .  Nama                                      : Taufik Hidayat
           Tempat,Tanggal Lahir              : 4 Januari 2000
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Sukamantri


     F.   Nama                                       : Karina Lestari
           Tempat,Tanggal Lahir              : Tasikmalaya,23 Agustus 1999
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Pageurageung

     G. . Nama                                       : Pitriani Siti N
           Tempat,Tanggal Lahir              : Tasikmalaya,5 Mei 1999
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Pageurageung


     H. .Nama                                        : Siti Rusmiati
           Tempat,Tanggal Lahir              : Ciamis,25 Oktober 2000
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Sukamantri


     I. .  Nama                                       : Dita Aprianti
           Tempat,Tanggal Lahir              : Tasikmalaya,20 April 2000
            Kelas                                       : XI-AKOMODASI PERHOTELAN
           Alamat                                     : Pageurageung
2.MOTTO


“DREAM BELIEVE AND MAKE IT HAPPEN”
I WILL CHANGE THE WORLD ,AND THE CHANGE STARTED WITHIN ME

WE ARE GENERATION OF LOVE




















3.FOTO KEGIATAN
*SWIMMING POOL AREA

*BANQUET ROOM

*DEMO MASAK CHEF HOTEL MARBELLA

*STAFF FRONT OFFICE MARBELLA HOTEL


*APPITAIZER TABLE MANNER

*MAIN COURSE TABLE MANNER

*DESSERT TABLE MANNER


*PEMANDUAN TABLE MANNER

*SAMBUTAN PIHAK SEKOLAH

*TABLE MANNER





X & XI HOTELIER SMK PLUS YSB SUYALAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar