Laporan Kunjungan Industri Sekolah
Hotel Marbella
Suites Bandung
Program Akomodasi Perhotelan Tahun 2017
Oleh
:
1. Ita
Juwita
2. Siti
Anisa A
3. Rahma
Nurul B
4. Syaepul
Hilal
5. Taupik
Hidayat
6. Arif
Riswana
7. Cepi
Sopiah
YAYASAN SERBA BAKTI PP SURYALAYA
SMK PLUS YSB SURYALAYA
PROGRAM
AKOMODASI PERHOTELAN KELOMPOK PARIWISATA
SK : 02.00/324/BAP-SM/2013 NSS. : 402320638008 NIS ; 400080 NPSN :
20210707
Desa
Tanjungkerta Kec Pagerageung Tlp. (0265) 457158-457162 Tasikmalaya 46158
Fax. (0265) 2461076 E-mail :smkplus_ysb@yahoo.co.id
Kata Pengantar
Alhamdulillah wasyukurillah atas
berkat dan rahmat Alloh SWT sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan
kunjungan industri ini.
Adapun tujuan pembuatan laporan
kunjungan industri ini adalah sebagai bentuk evaluasi dan dokumentasi daripada
kegiatan kunjungan industri yang telah kami lakukan selama kurang lebih satu
hari penuh. Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada :
1. Drs.
Deni H. Gandasapoetra S.ag, MM selaku kepala sekolah SMK Plus YSB Suryalaya
yang telah memberikan fasilitas dan juga perizinan untuk melaksanakan kegiatan
kunjungan industri.
2. Bapak
ibu guru SMK Plus YSB Suryalaya yang telah membimbing dan mengawasi kami selama
pelaksanan kunjungan industri
3. Orang
tua tercinta yang telah menjadi pendukung utama kegiatan kunjungan industri.
4. Pihak
biro perjalanan yang telah membantu dan menyukseskan kegiatan kunjungan
industri ini.
Kami
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Namun kami berharap
laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Kami juga
mengharapkan adanya masukan berupa kritik dan saran dari pembaca demi kemajuan
kami.
1
DAFTAR ISI
Halaman
Kata pengantar............................................................................................... 1
Daftar Isi........................................................................................................ 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang.............................................................................. 3
1.2. Maksud
dan Tujuan
KIS.............................................................. 4
1.3. Lokasi
danWaktu
Pelaksanaan..................................................... 4
BAB II GAMBARAN UMUM HOTEL MARBELLA SUITES BANDUNG
2.1. Sejarah ......................................................................................... 5
2.2. Visi
dan
Misi ................................................................................ 5
2.3. Fasilitas Hotel
.............................................................................. 6
2.3.1.
Room
................................................................................ 6
2.3.2.
Restaurant
......................................................................... 6
2.3.3.
Meeting
Room ................................................................. 6
2.4. Struktur Organisasi ....................................................................... 7
2.5. Department dalam Hotel
............................................................. 7
2.5.1.
Front
Office ...................................................................... 7
2.5.2.
Food and Beverage............................................................ 8
2.5.3.
Housekeeping ................................................................... 8
2.5.4.
Accounting........................................................................ 8
2.5.5.
Personalia /
HRD............................................................... 8
2.5.6.
Engineering........................................................................ 8
2.5.7.
Marketing .......................................................................... 8
2.5.8.
Security.............................................................................. 8
BAB III PENUTUP
3.1. Simpulan............................................................................................. 9
3.2. Kesan dan Saran................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Daftar biodata
2. MOTO
3.
Foto
Kegiatan
2
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Mengapa
table manner di perlukan?
Table manner di perlukan untuk
menunjukan rasa percaya diri yang tinggi karena kita tidak akan merasa bingung
atau minder kendati melihat aneka macam peralatan makan di atas meja.Kita dapat
mempergunakannya dengan baik dan benar.Dengan demikian orang akan memberikan Nilai Positif bagi kita.Hal ini akan
bermanfaat untuk mengangkut citra diri kita sendiri,suami/istri atau pendamping
,bahkan perusahaan/instansi tempat kita bekerja.
Selain itu juga table manner
bermanfaat untuk menerapkan etika yang baik dan benar di meja makan akan
mencerminkan sikap Profesionalisme dan
itu akan membuat kita selangkah lebih maju dari yang lain.
Bahkan
Table Manner juga di perlukan untuk Menghormati
orang lain yag duduk semeja dengan kita dan seluruh peserta jamuan makan yang
hadir.
3
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan
tujuan kegiatan kunjungan industri ini adalah sebagai berikut=
-
Memeberikan motivasi baru kepada siswa
terutama pada pembelajaran
-
Mengetahui dan melihat alat-alat canggih
pada industri tersebut
-
Melakukan secara langsung tata cara
table manner yang baik dan benar
-
Memberi bekal pada siswa agar setelah
lulus nanti menjadi orang yang mandiri
adapun beberapa
manfaat di adakannya kunjungan industri ini adalah
-
Dapat mengetahui kedisplinan dan tata
tertib yang tegas pada dunia kerja
-
Melihat cara kerja,dan berbagai macam
alat-alat hotel yang sudah cukup modern
-
Mendapat gambaran saat akan bekerja di
industri atau ingin membuat sebuah industri
1.3 LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN
Kelas X dan XI Akomodasi Perhotelan
(2016-2017) melaksanakan kunjungan industri :
LOKASI :
MARBELLA SUITES BANDUNG DAGO PAKAR
WAKTU PELAKSANAAN :
SELASA,24 JANUARI 2017 (pkl.11.00- 14.30)
4
BAB II
GAMBARAN UMUM
HOTEL MARBELLA SUITES BANDUNG
2.1 SEJARAH
Pada tahun
2009 tepatnya tanggal 9 September 2009 Bapak Kosmian &
Ibu Ratih selaku Owner Marbella Suites Bandung berkenan meresmikan pembangunan dengan di saksikannya oleh 9 departement Head dan 9
staff dari setiap departmentnya.
Marbella Suites Bandung
mulai Soft Opening pada
tanggal 9 September 2009 dengan status berbintang 4 (Empat) dan terdiri
dari 15 ( limabelas ) lantai
dengan jumlah kamar sebanyak 100 kamar ( Main Building ) yang terdiri dari :
Ø
52 Kamar Deluxe
Ø
35 Kamar Executive Suites
Ø
9 Kamar Grand Executive
Ø 4 Kamar Master Suites.
Marbella Suites Bandung juga memiliki Meeting Room dan Board
Room berukuran besar yang jumlahnya 5 ruang pertemuan dan mampu
menampung 250 hingga 500 orang dalam sekali pertemuan.
Ada pula fasilitas lainnya seperti Ren De Vu Restaurant, Diva Lounge, Fitness Center, Spa, 24 hours Room Service, Pastry Shop, Business Centre, Same Day Laundry Service,
Concierge and Mail Service, Executive lounge, Swimming Pool, Playground, Atv,
Shooting Target, House Riding, Flying Fox and Elvis Fox dan Parking Facilities.
2.2 VISI DAN MISI
VISI
Marbella Suite
Bandung menjadi kelompok usaha Indonesia dengan skala global, yang tumbuh
secara berkesinambungan untuk memberi manfaat bagi stake holder dengan pilar
utama sektor proferti, pelayanan dan jasa.
MISI
a. Mengutamakan
sikap positive dan kinerja dan berorientasi pada penciptaan keuntungan.
b. Menjadi
yang terbaik pada bidang usaha perusahaan.
c. Tumbuh
dengan melakukan inovasi terhadap pasar.
d. Menjungjung
tinggi dan melksanakan “ Core Value “ ( nilai falsafa) perusahaan.
e. Bertanggung
jawab sosial kepada masyarakat.
5
2.3
FASILITAS HOTEL
2.3.1
ROOM
1. Air
Conditioner
2. Mini Bar
3. Microwave
4. Safe Deposite Box
5. Laundry
6. IDD Telphone
7. Deluxe Complimentary Toiletris
8. Tea / Coffee making Facilities
9. Satellite TV CN.
10. Balkon yang cukup luas.
2.3.2
RESTAURANT
1.
Ren De Vu Restaurant.
2.
Diva lounge
2.3.3 MEETING ROOM
1. Excecutive
Room A bisa menampung 50 orang.
2. Excecutive
Room B bisa menampung 40 orang.
3. Excecutive
Room C bisa menampung 30 orang.
4. Excecutive
Room D bisa menampung 20 orang.
5. Pakar
Room A Bisa menampung 100 orang.
6.Pakar
Room B bisa menampung 100 orang.
6
2.4 STRUKTUR
ORGANISASI (HOUSE KEEPING)
Di dalam setiap
organisasi kerja pasti
terdapat yang namanya Struktur Organisasi. Karena menggambarkan adanya pembagian tugas dari masing – masing individu yang
tergabung di dalam organisasi yang bersangkutan. Agar tidak terjadi kesenjangan antara atasan yang
memerintah ataupun bawahan yang di perintah dapat bekerjasama atas tanggung
jawab masing – masing
2.5
DEPARTEMENT
DALAM HOTEL
2.5.1
FRONT
OFFICE
Front Office adalah
salah satu departemen yang langsung berhubungan dengan tamu menerima
pendaftaran tamu,maupun informasi yang di inginkan tamu.
Adapun seksi-seksi front office Marbella suites
bandung
1.Reservation
2.Reception
3.dsb
7
2.5.2
FOOD
AND BEVERAGE
Merupakan departemen yang menangani hal-hal yang
berkaitan menyediakan makanan dan
minuman,serta bertugas melayani tamu yang makan di restaurant.bicara
soal FB,tentunya tidak lepas dari namanya Kitchen.Hotel Marbella sendiri
mempunya kitchen yang letaknya persis di dekat pool.menurut informasi yang kami
dapatkan itu di karenakan untuk mempermudah akses jika ada event di pool.
2.5.3
HOUSEKEEPING
Housekeeping adalah departemen yang betanggung jawab
atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruang maupun public area.Pada saat
kunjungan industri sendiri,kami melihat beberapa public area sedang membersihan
area pool,dan membersihkan kursi-kursi yang ada di pool.
2.5.4
ACCOUNTING
Adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab
atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pemasukan.pada saat
kunjungan industri kami menanyakan pendapat per bulanhotel Marbella,tapi
sayangnya kami tidak di beritahu.
2.5.5
PERSONALIA/HRD
Departemen yang bertugas menerima dan menempatkan
karyawan/trainee.serta menangani masalah yang di hadapi karyawan.
2.5.6
ENGINEERING
Bagian yang bertanggung jawab untuk manangani
perawatan maupun perbaikan atas semua alat serta mesin yang ada di hotel
2.5.7
MARKETING
Bagian di hotel yang bertugas memasarkan hotel
kepada masyarakat maupun pelanggan untuk manaikan pendapatan.
2.5.8
SECURITY
Bagian yang bertanggung jawab atas keamanan hotel
maupun tamu selama 24 jam.
8
BAB
III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dengan di adakan kunjungan industri seperti ini siswa-siswi di harapkan
untuk berfikiran maju,kreatif,dan efisien.Sehingga dapat mengurangi perilaku
yang bersifat negatif.Selain itu semangat dan kegigihan dalam berusaha itu
ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.Tidak sampai disitu,dengan
di laksanakannya kunjungan industri atau table manner ini sangatlah bermanfaat
bagi siswa-siswi.Karena ini akan sangat berguna bagi kami yang akan terjun
kedalam pergaulan dan dunia bisnis.Pengetahuan mengenai tatacara makan yang
baik dan benar disuatu jamuan makan merupakan salah satu kunci
keberhasilan.Table Manner sendiri juga merupakan etika dalam suatu jamuan makan
yang telah di bakukan secara internasional.
9
3.2
KESAN DAN SARAN
3.2.1 KESAN
1.
Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik
2. kunjungan industri ini
sangat bermanfaat,karena kita bisa langsung melihat
langsung
karyawan-karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.
3. Banyak
pengalaman yang kami peroleh di perusahaan tersebut
4. Kami
banyak mendapat keterangan mengenai perusahaan yang kami perlukan
3.2.2
SARAN
1. Sebaiknya
pemandu tour hotel lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang hotel
2. Kegiatan
lebih baik dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan sebelumnya
3. Diharapkan
agenda program kunjungan industri ini tetap berjalan setiap tahunnya
10
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.DAFTAR BIODATA
A. Nama : Febi Lukmansyah
Tempat,Tanggal Lahir :
Ciamis,25 Februari 1999
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat :
Sukamantri
B.
. Nama : Ari Hendriawan
Tempat,Tanggal Lahir : Ciamis,11 Maret 2000
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat :
Panumbangan
C.
. Nama : Sansan Permana
Tempat,Tanggal Lahir :
Ciamis,10 November 2000
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat :
Panumbangan
D. . Nama : Riki Subagja
Tempat,Tanggal Lahir : Ciamis,9
Juni 1999
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat : Panumbangan
E.
. Nama : Taufik Hidayat
Tempat,Tanggal Lahir : 4
Januari 2000
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat :
Sukamantri
F.
Nama : Karina Lestari
Tempat,Tanggal Lahir : Tasikmalaya,23
Agustus 1999
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat : Pageurageung
G.
. Nama : Pitriani Siti N
Tempat,Tanggal Lahir : Tasikmalaya,5
Mei 1999
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat : Pageurageung
H.
.Nama : Siti Rusmiati
Tempat,Tanggal Lahir : Ciamis,25
Oktober 2000
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat :
Sukamantri
I.
. Nama : Dita Aprianti
Tempat,Tanggal Lahir : Tasikmalaya,20
April 2000
Kelas :
XI-AKOMODASI PERHOTELAN
Alamat : Pageurageung
2.MOTTO
“DREAM
BELIEVE AND MAKE IT HAPPEN”
I
WILL CHANGE THE WORLD ,AND THE CHANGE STARTED WITHIN ME
WE
ARE GENERATION OF LOVE
3.FOTO KEGIATAN
*SWIMMING POOL AREA
*BANQUET
ROOM
*DEMO
MASAK CHEF HOTEL MARBELLA
*STAFF
FRONT OFFICE MARBELLA HOTEL
*APPITAIZER TABLE MANNER
*MAIN
COURSE TABLE MANNER
*DESSERT TABLE MANNER
*PEMANDUAN
TABLE MANNER
*SAMBUTAN PIHAK SEKOLAH
*TABLE
MANNER
X & XI HOTELIER SMK PLUS YSB
SUYALAYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar