BAB I
PENDAHULUAN
Mobil merupakan sarana transportasi
yang seringkali digunakan oleh kita untuk melindungi dari panas dan
hujan. Sarana transportasi yang memudahkan manusia untuk pergi kemana saja
dengan bantuan mesin ini merupakan suatu hal yang perlu dirawat dan dijaga
kebugaran mesin mobil tersebut.
Pada hakikatnya kerusakan mesin
merupakan akibat kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil.
Sehingga banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian manusia
dalam menjaga dan merawat mesin mobil mereka mulai dari Rem blong, kopling
mobil, mesin mobil, suspensi mobil, ban dan lain sebagainya.
Perawatan berkala dilaksanakan untuk
menjaga ketahanan dan ketangguhan kendaraan Honda. Perawatan berkala juga
berdampak menurunkan beban biaya perawatan dan perbaikan
kendaraan. Bawalah selalu kendaraan anda ke dealer resmi Honda untuk
pelaksanaan perawatan berkala sesuai standar setelah mencapai batas waktu
perawatan berkala yang ditentukan.
Honda memberikan Free Service
perawatan berkala sampai pada batas waktu biasanya hingga 20000 km atau batas 1
tahun mana yang terlebih dahulu melampaui, dimana ongkos kerja tidak dikenakan
biaya sedangkan ongkos fluida (oli mesin, oli transmisi, minyak rem) dikenakan
biaya.
Gb. 1 ketentuan servis berkala
Selain perawatan berkala, anda
kendaraan honda sebagai pemilikberkewajiban melaksanakan pengecekan berkala
demi performa dan kebaikan , seperti:
1. Pemeriksaan
Oli Mesin
- Angkat
dipstick dan bersihkan oli yang menempel pada bagian bawah.
*dipstick adalah alat ukur ketinggian level oli yang disediakan setiap kendaraan, warna dipstick cerah dan mencolok.
*dipstick adalah alat ukur ketinggian level oli yang disediakan setiap kendaraan, warna dipstick cerah dan mencolok.
- Pasang
kembali distick ke posisi semula sampai posisi paling bawah. Kemudian angkat
kembali dipstick dan periksa ketinggian oli yang menempel harus berada pada
level min dan max. Tambahkan oli jika level oli berada di bawah tanda min.
Periksa kondisi oli mesin
* Segera ganti oli Anda jika sudah mengalami perubahan warna (hitam = penggunaan terlalu lama, pekat /putih susu = oli terkontaminasi)
* Segera ganti oli Anda jika sudah mengalami perubahan warna (hitam = penggunaan terlalu lama, pekat /putih susu = oli terkontaminasi)
- Periksa
kebocoran oli mesin apakah ada tanda basah oli pada sekitar mesin. Periksa
sekitar lantai apakah terdapat tetesan oli. Lakukan pemeriksaan segera ke
bengkel jika ditemukan kebocoran oli.
Gb. 2 dipstick/ colokan oli
2. Pemeriksaan
Air Radiator (coolant)
- Periksa
jumlah air radiator pada tangki cadangan. Jumlah air radiator harus berada pada
batas min dan max, tambahkan jika kurang.
- Buka
tutup radiator dan periksa jumlah air radiator harus penuh, tambahkan jika
kurang (*jangan membuka tutup radiator pada saat kondisi mesin panas).
- Periksa
jumlah air radiator pada tangki cadangan. Jumlah air radiator harus berada pada
batas min dan max, tambahkan jika kurang.
- Buka
tutup radiator dan periksa jumlah air radiator harus penuh, tambahkan jika
kurang (*jangan membuka tutup radiator pada saat kondisi mesin panas).
Gb. 3 revervoir air radiator
3. Pemeriksaan
Air Wiper
- Buka
tutup pengisian air wiper (tutup tabung/tangki air bertanda khusus atau
bertuliskan washer fluid only), isi sampai penuh kemudian tutup kembali.
*untuk mencegah tersumbatnya nozzle
gunakan air murni/sulingan atau air wiper khusus.
* jika ada tambahkan cairan
pembersih wiper untuk memaksimalkan pembersihan kaca.
Gb.4 tutup reservoir air wiper
4. Pemeriksaan
Battery
- Periksa
konektor battery apakah terdapat karat, bersihkan dan berikan sedikit grease
untuk mencegah karat.
- Gerakkan
kabel battery untuk memeriksa kekencangan konektor. Jika terdapat gerakan pada
konektor kabel, kencangkan dengan menggunakan kunci.
- Periksa
ketinggian level fluida battery harus berada pada level min dan max. (level
fluida tertera pada sisi samping battery), penambahan fluida battery
disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing battery.
- Periksa
indicator battery jika dilengkapi. Keterangan indicator tertera pada battery.
Gb. 5 Baterai
5. Pemeriksaan
Oli Rem
- Periksa
level oli rem pada reservoir harus berada diantara min dan max. tambahkan jika
kurang. Hati-hati jangan sampai oli rem tumpah ke body kendaraan, bersihkan
dengan air jika oli rem menetes pada body.
* jangan menambahkan oli rem
dengan merk dan spesikasi yang berbeda.
Periksa kebocoran minyak rem pada saluran rem.
Periksa kebocoran minyak rem pada saluran rem.
Gb.6
reservoir minyak rem
6. Pemeriksaan
Minyak Power Steering
- Periksa
level fluida power sterring pada tabung reservoir harus diantara Min dan Max
tambahkan jika kurang.
- Periksa
pompa power steering dan rack/batang penerus steering ke roda dari tanda basah
oli.
- Periksa
kondisi fluida power steering (* warna keemasan = ok , warna gelap =ganti).
Gb.
7. Tabung reservoir fluida power steering
7. Pemeriksaan
AC
- Hidupkan
mesin, kondisikan temperature max dingin dan max blower. Buka jendela depan
kanan dan kiri.
- Periksa
kipas pendingin condenser harus berputar, kemudian periksa sign glass kondisi
tidak boleh terdapat buih udara.
* Sign glass adalah kaca transparan yang terdapat pada pipa AC, untuk melihat refrigerant.
* Sign glass adalah kaca transparan yang terdapat pada pipa AC, untuk melihat refrigerant.
- Periksa
suhu hembusan angin pada kabin dengan tangan.
Gb. 8 panel AC dan kaca pengecek refrigrant
8. Pemeriksaan
Drive Belt
- Drive
belt adalah tali penggerak dari mesin untuk memutar komponen tambahan antara
lain pompa power steering, pompa air radiator, alternator, dan compressor AC.
Drive belt berada pada sisi samping mesin.
Periksa secara visual drive belt dari retak dan aus.>
Periksa secara visual drive belt dari retak dan aus.>
Gb.9 drivebelt
9. Pemeriksaan
Ban
- Periksa
ketebalan kembangan ban dengan melihat indicator pada masing-masing ban.
- Gunakan
alat pengukur tekanan angin ban yang dijual bebas di pasaran, ukur tekanan ban
dan sesuaikan dengan spesifikasi tekanan yang tertera pada pillar pintu sisi
pengemudi.
- Gb.10 cek
tekanan angin sesuai dengan spesifikasi
BAB II
PEMBAHASAN
Berikut ini kita bahas perawatan
berkala dari mulai awal pembelian, yaitu dari awal kilometer mobil 1000 km,
5000 km, 10000 km, 15000 km, 20000 km, 25000 km, 30000 km, dan seterusnya
sesuai dengan kelipatan 5000 km atau batas waktu yang telah ditentukan yang
tertera pada buku manual kendaraan yang telah disertakan dalam pembelian untuk
memenuhi persyaratan dan prosedur mengenai proses penggantian dan garansi
kendaraan Honda.
Dari tabel perawatan berkala diatas
dapat kita jabarkan menjadi sebagai berikut:
A. Perawatan berkala 1000 km
Pemeriksaan rutin perawatan mobil
honda diawali dengan pemeriksaan pada kilometer kendaraan mencapai 1000 km atau
waktu umur kendaraan mencapai 1 bulan dari masa pembelian. Pemilik diharuskan
membawa kendaraan Honda menuju dealer resmi honda untuk melakukan servis
perawatan berkala 1000 km atau 1 bulan sesudah pembelian agar dilakukan
pengecekan mengenai performa kendaraan yang dimiliki oleh tenaga ahli / teknisi
yang sudah berpengalaman. Hal ini dimaksudkan juga agar sesuai dengan buku
petunjuk dan garansi yang dimiliki berlaku atau tidak hangus.
Pemeriksaan 1000 km yang dilakukan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1. Pemeriksaan
fluida-fluida diantaranya oli mesin, oli transmisi, minyak rem dan kopling, oli
power steering, air radiator, fungsi dan jumlah dari fluida tersebut apakah
sesuai? dan sistem yang dilewati fluida dipastikan aman dan tidak terjadi
kebocoran.
2. Pemeriksaan
kondisi baterai
3. Pemeriksaan
sistem kemudi dan steering
4. Pemeriksaan
dan pengencangan baut-baut bagian kolong kendaraan, sistem suspensi, dan
kaki-kaki kendaraan.
5. Pemeriksaan
tekanan angin ban sesuai dengan standar dan kondisi dari ban 4 roda.
6. Pemeriksaan
dan pembersihan saringan udara
7. Pemeriksaan
sistem idle kendaraan.
B. Perawatan berkala 5000 km
Dalam perawatan berkala mencapai
5000 km atau dalam jangka waktu pembelian 3 bulan kembali di periksa kendaraan
pada dealer resmi, perawatan yang dilakukan meliputi:
1. Penggantian
oli mesin kendaraan sessuai dengan yang dianjurkan menurut ketentuan dari
pabrik, yaitu olo mesin dengan SAE yang dianjurkan, contohnya: 10W30, 10W40,
5W30 dan sebagainya. Dan oli mesin diganti setiap pada kelipatan 5000 km, atau
dalam jangka waktu 3 bulan mana yang tercapai lebih dahulu..
2. Pemeriksaan
yang sama seperti item servis 1000 km diatas mengenai pengecekan-pengecekan
fluida, sistem steering , sistem kerja rem, idle mesin dan sebagainya,
dilakukan sesuai dengan prosedur perawatan.
C. Perawatan berkala 10000 km
Perawatan 10000 km dilakukan sesuai
dengan kondisi jarak tempuh kendaraaan yaitu disekitar 10000 km atau waktu yang
dicapai yaitu 6 bulan setelah pembeliamn kendaraan, yang mana dahulu yang telah
tercapai. Dan perawatan yang dilakukan mencakup sbb:
1. Pemeriksaan
sama seperti item servis berkala 1000 km.
2. Penggantian
oli mesin dan filter oli.
3. Penggantian
oli transmisi.
4. Pengecekan
dan pembersihan rem 4 roda serta fungsi rem. Disini pengecekan dan bersihkan
rem dilakukan setiap kelipatan 10000 km.
5. Balancing
dan spooring, dan rotasi ban menyilang, dilakukan setiap kelipatan 10000 km
D. Perawatan berkala 15000 km
Item-item
yang dilakukan dalam kilometer mencapai 15000 km sama seperti perawatan pada
kilometer 5000 km , yaitu penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut
kolong, fluida dan minyak-miyak, air radiator, suspensi (sama seperti servis
1000 km). Dan dilakukan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km , 45000
km dan seterusnya.
E. Perawatan berkala 20000 km
Pada perawatan 20000 km atau
mencapai waktu 1 tahun kendaraan memakan waktu yang lebih lama untuk
perawatannya, item yang dilakukan lebih banyak yaitu meliputi:
1. Item
servis yang sama dengan perawatan 1000 km
2. Penggantian
oli mesin , oli filter, dan oli transmisi.
3. Pengecekan
rem 4 roda dan sistem kerja rem.
4. Pembersihan
saringan udara
5. Pengecekan
dan penyetelan klep / sistem valve mesin
6. Pembersihan
sistem trottle body dan adaptasi idle/kalibrasi.
7. Penggantian
saringan ac
8. Penggantian
busi
9. Balancing
dan spooring, dan rotasi ban menyilang, dilakukan setiap kelipatan 10000 km
F. Perawatan berkala 25000 km
Perawatan
25000 km item yang diperiksa sama dengan perawatan di kilometer 15000 km.
G. Perawatan berkala 30000 km
Perawatan
30 km atau di waktu 18 bualn (1,5 tahun) dari pembelian hampir sama dengan
perawatan di 10000 km, hanya ada penambahan penggantian saringan udara, untuk
pengecekan lainnya hampir sama dengan di 10000 km tetapi perlu diperhatikan
pengecekan sistem-sistem kendaraan dikarenakan kilometer yang ditempuh dari
kendaraan sudah cukup besar, pengecekan detail perlu dilakukan untuk meliaht
seacra visual komponen-komponen mesin yang kurang bagus harus disetel atau
dilakukan penggantian bila tidak sesuai dengan standar.
H. Perawatan berkala 35000 km
Perawatan
yang dilakukan sama dengan perawatan kilometer 5000 km sesuai dengan standar
pengecekan dilakukan penggantian oli mesin dan pengecekan 5000 km.
I. Perawatan 40000
km
Perawatan 40000 km atau mencapai
waktu 24 bulan / 2 tahun dan dilakukan sesuai dengan kelipatannya, yaitu di kilometer
80000 km, 120000km, 160000 km dan seterusnya. dilakukan pengecekan / servis
besar, atau disebut servis besar yang terjadi dilakukan item servis sebagai
berikut:
1. Item
yang sama dengan servis 1000 km
2. Penggantian
oli mesin, oli filter, dan oli transmisi
3. Pengecekan
rem 4 roda dan sistem kerja rem.
4. Pembersihan
saringan udara
5. Pengecekan
dan penyetelan klep / sistem valve mesin
6. Pembersihan
sistem trottle body dan adaptasi idle/kalibrasi.
7. Penggantian
saringan ac
8. Penggantian
busi
9. Penggantian
saringan bensin
10. Spooring
, balancing , dan rotasi ban.
Servis
perawatan berkala tersebut diatas dilanjutkan sesuai dengan kelipatan
–kelipatan yang sesuai, hingga sampai kelipatan tertinggi berapapun kendaraan
tersebut laik jalan, sehingga umur kendaraan menjadi awet dan panjang.
Untuk penggantian sukucadang yang
lain yang dilakukan tidak berdasar kilometer diatas meliputi sbb:
1. Penggantian
drivebelt dan bearingnya dilakukan pada 60000 km.
2. Penggantian
fluida minyak rem pada km 60000 km (kuras minyak rem).
3. Penggantian
pad set rem/ kanvas rem sesuai dengan kondisinya, bila sudah tipis sebaiknya
diganti.
4. Penggantian
air radiator setelah 200000 km atau 5 tahun kemudian diganti setiap kelipatan
40000 km/ 2 tahun.
5. Busi bila
merupakan busi irridium diganti setiap 100000 km.
Perawatan dilakukan sebaik mungkin
pada kendaraan sehingga performanya dapat terpelihara sesuai dengan rekomendasi
dari pabrik, dimana grafik bath up diagram berlaku dalam alat-alat permesinan
atau kendaraan, yaitu cost/ biaya tinggi diawali dengan pembelian, biaya
perawatan yang lebih menurun dari biaya awal, serta sampai di umur kendaraan
mencapai batas peek/load max, yaitu disekitar 5 tahun keatas biaya perbaikan
dan perawatan kendaraan tersebut semakin besar.
BAB III
PENUTUP
Perawatan mobil seperti sudah
sepantasnya mendapatkan perhatian khusus demi menjaga umur mesin agar tetap
awet dan tahan lama. Karena seperti sebuah ungkapan lebih baik mencegah
daripada mengganti baru yang justru akan lebih mahal tentunya. Disamping itu,
perawatan berkala menjaga agar kendaraan tetap dalam kondisi prima, sejarah
kendaraan tercatat rapi, mampu meningkatkan nilai jual kendaraan kembali,
menghemat pengeluaran uang anda, karena dengan perawatan secara berkala fungsi
dari masing2 komponen akan tetap terpelihara dengan baik dan anda akan
terhindar dari kerusakan yang diakibatkan dari keterkaitan antara komponen yang
satu dengan komponen lainnya dan mobil anda akan memiliki riwayat pemeliharaan.
Rasa
aman dan nyaman setiap anda berkendara, sehingga kelak tidak menyusahkan saat
kendaraan sedang dikendarai , mengurangi rasa khawatir akan kondisi kendaraan
saat di perjalanan (terutama saat di luar kota) .
Semoga dengan perawatan
mobil secara rutin dalam menjaga performa mobil dalam keadaan baik
bisa menghindarkan serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://adhiewienz.blogspot.com/, teknisi
honda jakarta,copyright oktober 2013
Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer Isolasi, Auto, Rectifier, Distribusi, Reactor dll dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado.
BalasHapusJuga menyediakan spare part Trafo seperti Tap Changer, Bushing, Skun, Breather, DMCR, Seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
Terima service, rewinding, dan purifikasi oli.
Silahkan menghubungi saya di whatsapp atau telp 0812-95358935
Terima kasih
Jadi saran yangbtepat untuk laporan ini apa
BalasHapusbingung juga saya bang
HapusSaran dari laporan service berkala?
BalasHapustidak ada, dah lah
Hapus